Penelitian BPP Fakultas Teknik Tahun 2005

* Achfas Zacoeb, ST., MT
** Retno Anggraini, ST., MT

Terjadinya perubahan temperatur yang cukup tinggi, seperti yang terjadi pada peristiwa kebakaran, akan membawa dampak pada struktur beton. Karena pada proses tersebut akan terjadi suatu siklus pemanasan dan pendinginan yang bergantian, yang akan menyebabkan adanya perubahan fase fisis dan kimiawi secara kompleks. Hal ini akan mempengaruhi kualitas/kekuatan struktur beton tersebut.

Pada beton normal mutu tinggi dengan suhu 1200oC terjadi penurunan kekuatan tekan sampai tinggal 40% dari kekuatan awal, sedangkan pada Beton Mutu Tinggi dengan Silikafume dan Superplasticizer dimana senyawa silika pada silikafume dan senyawa hidrokarbon pada superplasticizer akan mengalami perubahan yang cukup berarti pada suhu tinggi dimana kekuatannya tinggal 35%.

Beton dengan silicafume memiliki kekuatan yang cukup baik hanya pada suhu rendah. Pada suhu tinggi akan muncul banyak kelemahan sehingga sebisa mungkin dihindarkan penggunaan silicafume pada struktur bangunan yang cenderung menghasilkan panas tinggi.

Kata kunci : silicafume, superplasticizer, kualitas beton, kuat tekan, pasca bakar

Dikutip dari : http://bppft.brawijaya.ac.id/?hlm=bpenelitian&view=full&thnid=2005&pid=1153962006